Friday, January 20, 2012

Stop SOPA and PIPA

Sekarang kan lagi heboh sama SOPA sama PIPA nih. Ga tau SOPA sama PIPA? Intinya itu merupakan hukum yang melarang download secara ilegal di Amerika. Terus kita kan orang Indonesia, ngapain heboh? Walaupun  ini cuma berlaku di Amerika tapi tidak menutup kemungkinan negara-negara lain juga ikut memberlakukan hukum ini. Segala sesuatu itu pasti awal mulanya ada pelopornya. Dan SOPA-PIPA ini menurut gw baru awal. Meurut gue langkah Amerika melakukan SOPA-PIPA merupakan langkah yang sangat berani. Kenapa? Amerika berani menutup situs-situs yang bisa dibilang semua orang di dunia. Sekarang aja Megaupload udah di tutup dan Mediafire tinggal menunggu waktu untuk di tutup. Dan lagi kalo semua situs upload di tutup, kalau mau upload sesuatu mesti dimana.

Yang lebih menyusahkan dari SOPA-PIPA, hukum ini memberikan wewenang penuh terhadap yang mempunyai hak cipta. Misal si A nge-post gambar si B, si B tau dan ga suka. Bakal dilaporin lah si A itu dan bisa masuk penjara juga. Untuk cover lagu pun mesti ada izin dari yang pnya hak cipta. Kalau udah kaya gini berarti udah ga ada kebebasan lagi kan.

Tentunya yang paling merasakn dampakmya itu adalah para otaku. Sumber download-an mereka dari situ. Mereka baca manga juga dari situ. Kalau mau nyari sesuatu yang berhubungan dengan animanga dan jpop jadi susah. Mungkin jpop masih ada situs lain, tapi untuk animanga gue ga yakin.

Sisi positif dari SOPA-PIPA itu membuka kesempatan buat Asia agar membuat situs sebesar Megaupload dan sejenisnya sih. Gue seneng sih kalau ini kejadian. Tapi ya ga menutup kemungkinan juga kejadian SOPA-PIPA akan terulang lagi.

Sebagai penutup, ternyata benar ramalan Suku Maya yang mengatakan bahwa 2012 itu kiamat. Zaman sekarang siapa sih yang ga tau internet. Sekarang hampir semua orang udah menggunakan internet. Makanya SOPA-PIPA itu merupakan kiamat yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment